Selasa, 09 November 2010

TIPS MERAWAT BAYI

MANDI
Mandi setiap hari sangat penting bagi bayi, kecuali kalau ia sedang sakit. Pastikan ruangan tempat si bayi mandi dalam keadaan hangat dan suhu air yang digunakan untuk mandi sama dengan suhu tubuh si bayi. Dalam beberapa minggu pertama, anda sebaiknya memandikan bayi dengan menggunakan spons daripada memandikannya dalam bath tub atau dalam ember bayi. Gunakan handuk kecil atau waslap dengan sabun yang lembut. Selalu bilas yang benar handuk kecil atau waslap dengan air sebelum anda menggunakannya untuk menghilangkannya dari tubuh si bayi.

PERAWATAN PUSAR
Secara normal, tali pusar pada bayi dipotong setelah kelahiran. Pemotongan tali pusar ini akan meninggalkan luka, dan bekas luka akan mengering dan jatuh dalam waktu 3 minggu. Kemudian bagian bekas luka tersebut akan membentuk bintik yang basah di pusar bayi anda yang membutuhkan waktu beberapa hari untuk sembuh. Untuk mencegah terjadinya infeksi, pastikan pusar bayi selalu dalam keadaan kering. Jangan menutupi pusar dengan kain atau celana plastik sampai luka pada pusarnya benar-benar sembuh. Jika anda memandikan bayi anda dalam bath tub, keringkan tubuhnya dengan handuk yang bersih atau kapas yang steril.

MENGENAI POPOK
Popok harus diganti setiap kali bayi habis mengompol atau bila popok itu basah. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan timbulnya lecet yang sering disebabkan karena iritasi yang dikarenakan terlalu banyak duduk atau urine. Pastikan untuk selalu mencuci popok dalam air yang dicampur dengan antiseptik cair. Untuk melakukan hai ini, anda membutuhkan 25ml sampai 2,5 liter air dan rendam dalam waktu 15 menit. Mencuci popok dengan cara seperti ini membantu membunuh bakteri yang dapat mengenai popok tersebut. Setelah merendam popok, bersihkan popok tersebut dalam air hangat dengan menggunakan sabun yang lembut. Selalu bersihkan popok secara terpisah dan keringkan/ jemur diluar ruangan, karena cahaya matahari juga dapat mematikan bakteri.

PAKAIAN UNTUK BAYI ANDA
Bayi anda membutuhkan pakaian yang lembut, bersih dan nyaman.Biarkan mereka menggunakan pakaian yang sederhana dan praktis seiring dengan pertumbuhan mereka yang cepat. Rendam pakaian dan sprei dalam air hangat yang dicampur dengan antiseptik cair dan deterjen yang lembut.

MENCUCI TANGAN
Pastikan anda mencuci tangan dengan sabun antiseptik atau pencuci tangan antiseptik sebelum menyentuh bayi anda. Mererakpan tindakan yang didaraskan pada konsep hidup yang higienis sangat penting sehingga dapat menurunkan risiko untuk terkena penyakit.

LINGKUNGAN BAYI ANDA
Lingkungan bayi anda sebaiknya selalu higienis. Tambahkan antiseptik cair ke dalam air untuk menyeka tempat tidur, mainan bayi, perabotan dan lantai untuk melindungi si kecil dari bahaya kuman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar