Selasa, 09 November 2010

TIPS MENGHIDUPKAN POTENSI KREATIF ANAK

1.Perdengarkan Bacaan Al Qur’an
Bacalah Al-Qur’an dengan suara yang paling merdu yang Anda miliki. Biarkan suara itu mengalun lembut benembus tiap sudut relung hati. InsyaAllah, hampir pasti anak-anak Anda akan bersedia mendengarkan.

2.Kisahkan Tentang Perjuangan Hidup
Bacakanlah kisah-kisah Ulul’Azmi para Rosul, kisah nabi-nabi yang lain, dan kisah-kisahh para sahabat. Nabi Ayub dengan kesabarannya, Nabi Muhammad dengan keindahan akhlaqnya.

3.Hindarkan dari Televisi
Menurut psikolog Mieke Tedja Saputra, seorang anak sampai usia 3 tahun belum boleh menonton TV samasekali meskipun tayangannya mendidik. Kalau dilanggar, mata akak akan rusak, anak akan impulsive (bereaksi sekehendak hati) dan agresif (suka menyerang) terutama jika terbiasa melihat tayangan kekerasan.
Bila terpaksa menonton; dampingi dan pilih acara yang mendidik. Misalnya VCD film dan kartun Islami (Harun Yahya Series).

4.Perdengarkan Musik
Saat kita menghindarkan anak dari dampak negatif TV, sebagai gantinya kita dapat memilihkan musik-musik yang berkualitas untuk meningkatkan kreativitas,
merangsang imajinasi dsb.

5.Latihlah Berpikir Tidak Seperti Biasa
Kita harus berusaha agar anak kita banyak menemukan “ketidakbiasaan” dalam keseharian mereka. Salah satu caranya latihanlah menghubungkan dengan hal-hal yang tidak berhubungan. Sabar dan lapang dadalah menghadapi berbagai keunikan perilaku mereka, karena dari situ akan kita temukan jalan menghidupkan potensi mereka

(Wahyudin.2006.Maa Aku Bisa!!).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar